5 Fakta Kalsium | CDR

 

6 Fakta Kalsium yang Kamu Harus Tahu

Dari sekian banyak jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memiliki metabolisme yang baik, salah satu yang ditemukan dengan jumlah banyak di tubuh adalah kalsium. Mineral kalsium memiliki fungsi vital untuk pembentukan tulang dan gigi di masa pertumbuhan, dan memelihara kesehatannya setelah masa pubertas berakhir. Itulah alasannya 99% kalsium di dalam tubuh bisa ditemukan baik di tulang maupun gigi2.

Kalsium sendiri merupakan mikronutrien yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Jika ingin memenuhi kebutuhan kalsium harian, maka Anda perlu mengonsumsi makanan kaya kalsium dan bila perlu, suplemen yang dilengkapi dengan beberapa vitamin yang mendukung kerja mineral tersebut. Kebutuhan kalsium bisa dibedakan berdasarkan rentang usia. 

Remaja hingga dewasa secara umum membutuhkan 1000 mg kalsium setiap hari, sedangkan lansia di atas 51 tahun membutuhkan lebih banyak yakni 1200 mg1. Jika kebutuhan ini tidak bisa terpenuhi dalam jangka waktu lama bukan tidak mungkin metabolisme akan mengambil jumlah kalsium yang dibutuhkan dari tulang dan menjadikan tulang menipis, keropos bahkan patah.

Selain informasi seputar pentingnya kalsium di atas, masih ada beberapa hal menarik lainnya dari mineral ini yang kamu perlu tahu. Yuk, simak diskusi lengkapnya berikut ini:

1. Mengkonsumsi kalsium bisa menambah tinggi badan?

Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Di masa pertumbuhan, lempeng pertumbuhan akan terus berkembang dan menutup di usia 16-20 tahun. Kalsium memiliki peran untuk mendukung pertumbuhan tersebut dengan menjaga kepadatan tulang1,2. Namun perlu diketahui bahwa tinggi badan final seseorang tergantung dari banyak faktor, mulai dari genetika, jenis kelamin hingga nutrisi yang didapatkan mulai dalam kandungan hingga masa pubertas berakhir. Itu artinya, kalsium tidak serta merta membuat tubuh bertambah tinggi karena dibutuhkan substansi lainnya untuk memastikan tulang berkembang, semakin kuat dan padat.

Oleh karena itu, jika ingin badan tumbuh tinggi jangan menambah jumlah asupan kalsium lebih dari yang dibutuhkan karena bisa merusak ginjal. Yang bisa dilakukan adalah memperbaiki nutrisi yang masuk ke tubuh dan merutinkan olahraga supaya sel tubuh berkembang dengan baik dan membantu pertumbuhan tulang supaya badan lebih tinggi3.

2. Kalsium memiliki banyak peran di tubuh1

  • Proses kontraksi dan relaksasi otot
  • Mendukung sistem kardiovaskular atau kerja jantung, dimana berperan dalam proses pembekuan darah dan juga kontraksi otot jantung yang menentukan ritme kerjanya
  • Membantu berbagai enzim dalam tubuh supaya dapat bekerja secara lebih efisien
  • Membantu mengontrol tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi
  • Memperbaiki kadar kolesterol baik dalam darah

3. Tubuh tidak memproduksi kalsium

Meskipun menjadi mineral yang paling banyak ditemukan di tubuh dan termasuk yang paling berpengaruh pada proses metabolisme, kalsium tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itulah, Anda perlu memperhatikan dengan cermat nutrisi yang masuk ke tubuh dimana kalsium sebaiknya juga melengkapinya. Ingat, untuk usia remaja hingga dewasa dibutuhkan sekitar 1000 mg kalsium. Angka ini rasanya sulit jika hanya dipenuhi melalui makanan kaya kalsium seperti susu, keju, telur, brokoli dan daging1

Supaya kebutuhan kalsium harian bisa terpenuhi dengan baik dan tulang serta kesehatan tubuh terpelihara, ada baiknya untuk secara rutin mengkonsumsi suplemen dengan kandungan mineral dan vitamin D. Namun perlu diingat bahwa konsumsi kalsium ini harus sesuai anjuran sebab kelebihan kalsium juga akan membawa efek buruk bagi kesehatan3.

4. Kalsium membutuhkan vitamin D

Beda kalsium dan vitamin D adalah dua mikronutrien ini berasal dari jenis yang berbeda dengan karakteristik yang tak sama. Kalsium tidak bersifat larut air sehingga bila dikonsumsi berlebihan dapat mengendap dan menimbulkan pengerasan. Sedangkan vitamin D memiliki sifat larut dalam lemak yang jika berlebihan dalam konsumsinya pun tidak akan membahayakan, kendati tetap ada efek sampingnya. Kalsium tidak dapat diproduksi oleh tubuh, namun vitamin D bisa diaktifkan secara otomatis di dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari.

Meskipun memiliki karakteristik yang berbeda, namun kalsium dan vitamin D membentuk ikatan simbiosis yang erat. Supaya kalsium dapat terserap dengan baik oleh tubuh, kerjanya harus ditemani dan dibantu oleh vitamin D. Meskipun Anda mengonsumsi banyak kalsium, bila vitamin D dalam tubuh hanya sedikit, kalsium tidak akan terserap dengan optimal. Itulah alasannya, selain memperhatikan asupan kalsium Anda juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin D yang bisa didapatkan lewat makanan seperti ikan dan kacang-kacangan, serta sinar matahari yang mengenai kulit agar vitamin D bisa terbentuk secara alami1,2,4.

5. Kebutuhan kalsium setiap orang berbeda-beda

Meskipun dibutuhkan mulai dari anak-anak hingga lansia, kebutuhan kalsium di rentang usia yang berbeda itu tidak sama. Kebutuhan yang berbeda-beda ini disebabkan proses pembentukan tulang yang berbeda-beda pada setiap tahap usia. Anak-anak umur 1-3 tahun misalnya, membutuhkan kalsium 650 mg per hari. usia remaja hingga dewasa di bawah 50 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium untuk “tabungan” masa tulang di hari tua. Saat menyentuh kelompok usia lansia yaitu 51 tahun ke atas, kebutuhan kalsium akan meningkat menjadi 1200 mg karena tubuh membutuhkan mineral ini untuk mempertahankan kepadatan tulang. Selain berdasarkan kelompok usia, kondisi medis tertentu seperti wanita hamil dan menyusui juga membutuhkan kalsium lebih banyak dari orang pada umumnya di usia yang sama4.

6. Kalsium Tidak Hanya Terdapat pada Susu

Meskipun dibutuhkan mulai dari anak-anak hingga lansia, kebutuhan kalsium di rentang usia yang berbeda itu tidak sama. Kebutuhan yang berbeda-beda ini disebabkan proses pembentukan tulang yang berbeda-beda pada setiap tahap usia. Anak-anak umur 1-3 tahun misalnya, membutuhkan kalsium 650 mg per hari. usia remaja hingga dewasa di bawah 50 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium untuk “tabungan” masa tulang di hari tua. Saat menyentuh kelompok usia lansia yaitu 51 tahun ke atas, kebutuhan kalsium akan meningkat menjadi 1200 mg karena tubuh membutuhkan mineral ini untuk mempertahankan kepadatan tulang. Selain berdasarkan kelompok usia, kondisi medis tertentu seperti wanita hamil dan menyusui juga membutuhkan kalsium lebih banyak dari orang pada umumnya di usia yang sama4.

7. Cara memasak makanan mempengaruhi kandungan kalsium

Merebus makanan dalam air yang banyak dalam waktu lama dapat menurunkan kadar kalsium. Agar kalsium dalam makanan tidak hilang ketika dimasak, olah makanan dengan cara ditumis atau dikukus. Misalnya ketika merebus bok choy, coba hanya dikukus atau dimasak cepat dalam air mendidih untuk menjaga kalsium dalam bahan makanan.

Berbagai fakta seputar kalsium di atas semoga bisa membuka wawasan Anda tentang betapa pentingnya memenuhi kecukupan mineral tersebut setiap hari. Pemilihan sumber mineral dan cara pengolahannya juga tidak kalah penting supaya manfaat kalsium bisa dirasakan dengan maksimal.
 

Referensi:

  1. Calcium/Vitamin D Requirements, diakses pada 7 Agustus 2021 dari https://www.nof.org/patients/treatment/calciumvitamin-d/

  2. Calcium: Health Benefits, Foods, and Deficiency, diakses pada 7 Agustus 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958#why-we-need-calcium

  3. Semakin Banyak Asupan Kalsium Tubuh Makin Cepat Tinggi, diakses pada 7 Agustus 2021 dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2587534/semakin-banyak-asupan-kalsium-tubuh-makin-cepat-tinggi

  4. Vitamin D: Benefits, Deficiency, Source, and Dosage, diakses pada 7 Agustus 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/161618

Dapatkan

CDR yang Tepat Untukmu

Penuhi kebutuhan untuk tulang sehat dengan kombinasi kalsium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B6. 

CDR Orange - Suplementasi Tulang Sehat dengan Rasa Jeruk Segar

CDR Orange - Suplementasi Tulang Sehat dengan Rasa Jeruk Segar

Suplementasi tulang sehat mengandung kalsium, vitamin C, D & B6 bantu penuhi kebutuhan kalsium orang dewasa, ibu hamil & menyusui.

CDR Fruit Punch - Suplementasi Tulang Sehat

CDR Fruit Punch - Suplementasi Tulang Sehat

CDR Fruit Punch. Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa fruit punch yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fortos - Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

CDR Fortos - Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

Suplementasi Kalsium dan Vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Beli CDR Online

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.

Beli Sekarang