7 Tips Tetap Sehat dan Badan Fit Saat Kembali WFO

Transisi dari WFH ke WFO setelah hampir 2 tahun lebih tentunya menjadi tantangan tersendiri, apalagi pandemi Covid-19 yang kini belum sepenuhnya berakhir. Kembali melakukan kegiatan bekerja secara WFO memberikan tantangan baru karena kamu harus menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, kembali pada rutinitas yang tentunya membutuhkan banyak energi, seperti bangun lebih pagi hingga waktu makan dan istirahat yang berubah.

Agar kamu tidak terkaget-kaget dengan adanya perubahan rutinitas ini, tentu saja ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebaik mungkin selama transisi dari WFH ke WFO ini. Salah satunya adalah dengan mencari tahu cara mengatasi badan lemas saat kembali bekerja dari kantor. Kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan? Simak tips sehat agar badan fit dan cara agar lebih produktif di sini supaya kamu lebih siap menjalani transisi WFH ke WFO dengan mudah.

1. Pastikan sudah mendapatkan vaksin

Tips tetap sehat yang pertama adalah mempersiapkan diri dengan vaksin. Karena kegiatan yang sudah kembali ke WFO, banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk divaksin sebelum kembali ke kantor (1). Jika belum mendapatkan vaksin booster, pertimbangkan untuk menerima dosis vaksin ketiga. Selain itu, karena vaksin tidak 100% efektif, jangan lupa untuk tetap menghindari kerumunan ramai dan tetap memakai masker di tempat umum. Dengan masih adanya varian baru, berjaga-jaga adalah ide yang bagus untuk kamu yang sudah kembali WFO. Apalagi jika kamu tinggal di rumah dengan orang yang lebih tua atau individu yang rentan terhadap virus (1).

2. Upayakan bisa istirahat selama perjalanan pergi-pulang kantor

Salah satu cara mengatasi badan lemas bisa dimulai ketika kamu mulai menyesuaikan diri untuk kembali melakukan WFO. Sebaiknya jadwalkan waktu untuk beristirahat sejenak, misalnya selama perjalanan pergi dan pulang dari kantor. Hal ini berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan daya fokus sehari-hari. Dengan beristirahat sebelum sampai kantor, kamu memiliki kesempatan untuk lebih rileks sebelum masuk kerja di pagi hari dan beristirahat saat perjalanan pulang dapat membantu menghilangkan stres setelah bekerja (2).

3. Luangkan waktu sebelum berangkat kerja

Tips sehat yang ketiga merupakan salah satu cara agar lebih produktif dengan meluangkan waktu sejenak sebelum berangkat. Saat kamu sudah mulai kembali bekerja dari kantor, jangan lupa untuk memasang alarm dan mulai untuk bangun lebih pagi lagi seperti sebelumnya. Tapi jangan lupa untuk tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup. Dengan bangun lebih pagi, kamu dapat mempersiapkan segala sesuatu sebelum berangkat kerja dan melakukan aktivitas singkat seperti yoga dan meditasi agar tubuh tetap bugar (3). Serta, kamu juga bisa menyiapkan sarapan dan beribadah dengan nyaman tanpa tergesa-gesa.

4. Biasakan tubuh untuk kembali aktif 

Jika sebelumnya kamu melakukan WFH dan jarang bergerak untuk waktu yang lama, maka ketika kembali ke kantor, kamu akan butuh penyesuaian (2). Salah satunya adalah dengan tetap bergerak aktif. Pasalnya, duduk di ruangan selama 8 jam bisa terasa sangat melelahkan. Supaya badan fit, luangkan waktu sejenak untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Dengan banyak bergerak, otomatis tingkat energimu juga akan meningkat dan tubuh akan menghasilkan endorfin, hormon yang dapat menimbulkan perasaan senang. Berikut ini tips sehat lainnya yaitu aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan agar tetap gerak aktif (3):

  • Parkir kendaraan di tempat parkir yang agak jauh agar kamu bisa berjalan kaki lebih lama.
  • Tidak menggunakan lift namun menaiki tangga untuk bisa sampai ke lantai atas.
  • Meluangkan 10 menit untuk berdiri atau berjalan-jalan setiap jam.
  • Menggunakan smartwatch (jam tangan pintar) untuk melacak jumlah langkah yang sudah ditempuh dapat memotivasi kita untuk bergerak lebih banyak.
  • Jika sempat, kamu juga bisa jadwalkan waktu untuk beraktivitas di gym selama 30 menit.

4. Pastikan diri selalu terhidrasi

Tubuh lemas, mudah lelah dan tampak pucat? Bisa jadi merupakan ciri dehidrasi. Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik bisa menyebabkan badan kita terasa cepat lelah. Menjaga pola hidup sehat dengan minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, cobalah untuk menerapkan beberapa tips sehat di bawah ini sebagai cara mengatasi rasa lemas sekaligus menjaga tubuh kita tidak kekurangan cairan (3):

  • Konsumsi buah seperti apel, jeruk, anggur, dan semangka atau buah-buahan yang mengandung air dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat.
  • Membawa tumblr (botol air) minum 500ml ke kantor dan cobalah untuk menghabiskannya saat makan siang, lalu isi lagi dan targetkan untuk menghabiskannya masing-masing di jam 3 dan jam 5 sore. Rajin minum air bisa menjadi cara agar tubuh tetap fit sepanjang hari.
  • Atur alarm pengingat, agar bunyi alarm dapat mengingatkanmu jika sudah waktunya untuk minum air putih.

6. Jaga asupan nutrisi sehat

Tips tetap sehat dan cara mengatasi agar badan tidak lemas adalah kamu bisa membawa bekal makan siang sendiri sehingga tidak perlu keluar lagi untuk membeli makanan. Membawa bekal makan siang sendiri dari rumah memang dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat, namun jangan lupa untuk mengontrol jumlah porsi makanan agar tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori (3). Untuk masalah snack dan bekal, pertimbangkan untuk membawa saran menu dan menyimpan makanan snack di meja kantormu, contohnya seperti (4):

  • Kacang-kacangan.
  • Buah-buahan segar atau buah kering.
  • Nasi merah.
  • Sayur-sayuran seperti brokoli.

7. Konsumsi suplemen vitamin effervescent

Terkadang, kesibukan di kantor bisa membuatmu lupa untuk minum air putih yang cukup dan tetap menjaga pola makan sehat. Agar tubuh tidak kekurangan nutrisi, cobalah untuk menerapkan tips sehat berikut ini. Pastikan untuk mengonsumsi vitamin effervescent, yaitu tablet vitamin yang larut dalam air. Vitamin jenis ini lebih cepat diserap oleh tubuh dan cocok untuk orang yang kesulitan menelan pil dan bisa menjadi salah satu cara mengatasi badan lemas saat sakit. Pastikan kamu memilih suplemen vitamin yang memiliki kombinasi kalsium, vitamin D, B6 dan C untuk mengatasi badan lemas agar kamu bisa kembali aktif menjalani WFO.

CH-20220914-05

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Vara Saripalli. 12 Tips for Returning to Work Post-Pandemic. Healthline. Diakses pada 26 Juli 2022 dari https://www.healthline.com/health/mental-health/tips-for-returning-to-work-post-pandemic.

  2. Cathy Cassata. 8 Easy Ways to Reduce Back-to-Office Stress and Anxiety. Healthline. Diakses pada 26 Juli 2022 dari https://www.healthline.com/health-news/8-easy-ways-to-reduce-back-to-office-stress-and-anxiety.

  3. Cleveland Clinic. Tips to Maintain Healthy Habits After Returning to the Office. Cleveland Clinic Health. Diakses pada 26 Juli 2022 dari https://health.clevelandclinic.org/healthy-habits-for-returning-to-the-office/.

  4. Web MD. 10 Tips to Improve Your Health at Work. Web MD. Diakses pada 26 Juli 2022 dari https://www.webmd.com/women/features/10-tips-to-improve-your-health-at-work.

  5. Kagan Ipci, dkk. Effervescent tablets: a safe and practical delivery system for drug administration. Research Gate. Diakses pada 26 Juli 2022.

Pilih dan Dapatkan

CDR yang Tepat Untukmu

Penuhi kebutuhan kalsium untuk tulang sehat.

CDR Orange

CDR Orange

Suplementasi Tulang Sehat dengan Rasa Jeruk Segar

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa jeruk yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fruit Punch

CDR Fruit Punch

Suplementasi Tulang Sehat

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa fruit punch yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fortos Orange

CDR Fortos Orange

Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

Suplementasi Kalsium dan Vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Tips dan Informasi

Kesehatan Tulang

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara penuhi kebutuhan tulang sehat!

3 Packshot

9 Makanan Tinggi Kalsium untuk
Tulang - CDR

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.

Apa itu Osteoporosis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Apa itu Osteoporosis? Kenali
Penyebab dan Gejalanya

Apa itu osteoporosis? Pelajari penyebab, gejala, cara mengobati, pencegahan dan siapa saja yang beresiko terkena osteoporosis di sini.

Kapan Tubuh Kita Memerlukan Suplemen Kalsium?

Kapan Tubuh Kita Memerlukan
Suplemen Kalsium?

Untuk mendapatkan tulang yang sehat sampai tua, Anda harus mendapat cukup kalsium setiap hari sejak dini. Ini tanda tubuh Anda memerlukan suplemen kalsium.


Three Packshot

Beli CDR Orange

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.