Fungsi Tulang Yang Banyak Orang Belum Tahu

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak terlihat dari luar namun membawa peran penting yang tidak bisa digantikan. Salah satu fungsi tulang adalah sebagai tempat melekatnya otot dan penggerak tubuh sehingga tanpanya, tidak mungkin kita bisa bergerak normal (1). Itulah alasannya sedari muda Anda perlu menjaga kesehatan dan juga kepadatannya dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang. 

Olahraga teratur yang memang dikhususkan untuk menjaga massa tulang juga perlu dilakukan secara rutin mengingat selain poin di atas, tulang punya fungsi penting lainnya yang tidak semua orang tahu.

Kenali Berbagai Fungsi Tulang 

  1. Menopang Tubuh
    Fungsi tulang yang utama dan tidak banyak disadari adalah untuk menopang tubuh. Tulang berperan sebagai rangka yang menjadikan tubuh bisa berdiri kokoh dan bergerak. Misalnya saja tulang belakang, membantu punggung supaya dapat tegak baik ketika berdiri maupun duduk. Begitu pula dengan tulang paha yang membantu kaki bisa berdiri tegak. Tanpa tulang tubuh manusia tidak akan memiliki bentuk yang baik dan sempurna (2).
  2. Membuat tubuh fleksibel dalam bergerak
    Fungsi tulang yang kedua berpengaruh besar pada kemampuan tubuh untuk bergerak. Hal ini dikarenakan tulang berfungsi menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh otot ketika berkontraksi sehingga tubuh bisa melakukan gerakan yang diinginkan. Tulang dan juga otot menjadi satu kesatuan sistem yang punya andil besar dalam fleksibilitas tubuh ketika bergerak (2,3).
  3. Melindungi organ penting
    Tubuh memiliki beragam organ penting yang tidak boleh mengalami cedera sama sekali supaya bisa berfungsi dengan baik. Misalnya saja jantung dan juga otak. Jantung yang berada di rongga dada sebelah kiri dilindungi oleh ruas tulang rusuk sehingga tidak mudah mengalami goncangan maupun benturan. Begitu pula dengan otak yang dilindungi secara sempurna oleh tulang tengkorak. Tanpa adanya rangkaian tulang pipih di kepala, otak akan mudah cedera karena benturan padahal fungsinya sangat vital sebagai sistem saraf pusat (2).

  4. Melindungi saraf 
    Tubuh manusia bukan hanya terdiri dari otot namun juga memiliki ratusan saraf yang mempengaruhi gerakan dan juga kinerjanya. Tulang berfungsi sebagai tempat berbagai saraf menempel, seperti pada tulang belakang yang melindungi puluhan ujung saraf di tepinya. Itulah kenapa ketika tulang belakang mengalami cedera karena kecelakaan misalnya, saraf juga ikut terkena imbasnya yang berakibat pada lumpuhnya bagian tubuh tertentu (2,4).

  5. Menghasilkan sel darah merah
    Selain daftar di atas, fungsi tulang adalah sebagai tempat pembentukan sel darah ini, utamanya di tulang belakang yakni di sumsum merah. Proses pembentukan sel darah di dalam tulang ini disebut sebagai hematopoiesis. Selain sel darah merah, di dalam tulang juga terjadi pembentukan sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi (2,4).

Fakta Unik Tentang Tulang Manusia

  • Jumlah tulang setiap orang tidak sama: Meskipun semua manusia memiliki tulang sebagai penopang tubuh, ternyata ada fakta menarik yang tak banyak orang tahu. Beberapa orang terlahir dengan tulang tambahan, seperti sepasang tulang rusuk, atau jari tambahan (5).
  • Tinggi badan bertambah walau tulang berhenti tumbuh: Sejak lahir hingga di usia 20an tulang manusia terus tumbuh. Meskipun di titik usia tertentu tulang berhenti tumbuh, namun tinggi badan masih bisa berubah. Hal ini disebabkan karena gravitasi yang menekan tulang rawan di tubuh manusia sepanjang hari yang membuatnya memuai (5,6).
  • Ada tulang yang tidak terhubung dengan tulang lainnya: Umumnya, tulang akan saling berhubungan dengan tulang lain, misalnya tulang paha yang terhubung dengan tulang kering. Namun, ternyata ada juga tulang yang tidak terhubung dengan tulang manapun, yaitu tulang hyoid, yang berada di dasar lidah dan ditopang oleh otot serta ligamen di bawah dasar tengkorak dan di atas pada tulang rahang. Dengan adanya tulang hyoid yang berbentuk U memungkinkan manusia untuk berbicara, bernapas, dan menelan (5,6).

Mikronutrien Penting untuk Menjaga Kesehatan Tulang

  • Vitamin B6: Vitamin ini memiliki fungsi utama dalam melindungi tulang dari risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang serta mempengaruhi sel pembangun tulang (7).
  • Vitamin C: Vitamin C membantu produksi kolagen di dalam tubuh. Tidak hanya baik untuk meremajakan kulit, kolagen juga merupakan komponen penting pada tulang dan sendi. Kolagen membantu agar senyawa lain mudah untuk saling terikat dan membentuk tulang yang kuat (8).
  • Vitamin D: Vitamin ini berperan penting untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam darah dan tulang. Tanpa vitamin D, tubuh tidak bisa menyerap kalsium secara optimal. Vitamin D bila dikonsumsi bersamaan dengan kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan mencegah keropos. Selain itu, vitamin D juga berfungsi untuk menjaga agar kadar kalsium dan fosfor tetap stabil (9).
  • Kalsium: Kalsium merupakan mineral utama pembentuk tulang yang tidak bisa dibentuk sendiri oleh tubuh. Menariknya, bukan hanya tulang yang membutuhkan kalsium karena berbagai organ lain juga memerlukannya untuk bisa bekerja normal. Itulah sebabnya jika tubuh kekurangan mineral ini, maka kalsium yang ada di tulang akan dipinjam, yang jika tidak segera dicukupi kembali akan menyebabkan pengeroposan dan penurunan kepadatan (10).

Nah, sudah tahu kan fungsi tulang yang ada dalam tubuh kita? Karena memiliki peran penting dalam tubuh disarankan untuk menjaga kesehatan tulang dengan rutin mengonsumsi suplemen tulang yang mengandung kalsium, vitamin C dan D untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang hingga usia lanjut. Jika mengalami keluhan mengenai kesehatan tulang, segera hubungi dokter agar bisa segera diatasi.

CH-20220404-28

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Alyssa Anderson. What Are The 5 Functions of Bones?. Web MD. Diakses pada 24 Maret 2022 dari https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-are-five-functions-bones

  2. William Morrison. Bone Function. Healthline. Diakses pada 23 Maret 2022 dari https://www.healthline.com/health/bone-health/bone-function 

  3. Jabeen Begum. The Function of Bones. Web MD. Diakses pada 23 Maret 2022 dari https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-are-five-functions-bones

  4. William Morrison. Bones: Types, Structure, and Function. Medical News Today. Diakses pada 23 Maret 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/320444

  5. Kimberly Holland. Fun Facts about The Skeletal System. Healthline. Diakses pada 23 Maret 2022 dari https://www.healthline.com/health/fun-facts-about-the-skeletal-system#1.-Your-skeleton-is-made-of-more-than-200-bones 

  6. Beth Israel Deaconess Medical Center Team. Fun Facts about Bones and Joints. Beth Israel Deaconess Medical Center. Diakses pada 23 Maret 2022 dari https://www.bidmc.org/about-bidmc/wellness-insights/bones-and-joints/2018/08/fun-facts-about-bones-and-joints

  7. Zhaoli Dai, dkk. B-Vitamins and Bone Health - A Review of The Current Evidence. National Center of Biotechnology Information. Diakses pada 24 Maret 2022 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4446754/

  8. Joseph Nordqvist. Vitamin C: Why Is It Important?. Medical News Today. Diakses pada 24 Maret 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352#why-we-need-it

  9. Rachael Troughton. What Roles Do Calcium and Vitamin D Play in The Body?. Medical News Today. Diakses pada 24 Maret 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/calcium-and-vitamin-d#:~:text=Vitamin%20D%20is%20a%20prohormone,with%20calcium%20and%20vitamin%20D.

  10. Summer Fanous. 8 Fast Facts About Calcium. Healthline. Diakses pada 24 Maret 2022 dari https://www.healthline.com/health/8-fast-facts-about-calcium

Swoosh Bottom | CDR

Pilih dan Dapatkan

CDR yang Tepat Untukmu

Penuhi kebutuhan kalsium untuk tulang sehat.

CDR Orange

CDR Orange

Suplementasi Tulang Sehat dengan Rasa Jeruk Segar

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa jeruk yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fruit Punch

CDR Fruit Punch

Suplementasi Tulang Sehat

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa fruit punch yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fortos Orange

CDR Fortos Orange

Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

Suplementasi Kalsium dan Vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Tips dan Informasi

Kesehatan Tulang

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara penuhi kebutuhan tulang sehat!

3 Packshot

9 Makanan Tinggi Kalsium untuk
Tulang - CDR

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.

Apa itu Osteoporosis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Apa itu Osteoporosis? Kenali
Penyebab dan Gejalanya

Apa itu osteoporosis? Pelajari penyebab, gejala, cara mengobati, pencegahan dan siapa saja yang beresiko terkena osteoporosis di sini.

Kapan Tubuh Kita Memerlukan Suplemen Kalsium?

Kapan Tubuh Kita Memerlukan
Suplemen Kalsium?

Untuk mendapatkan tulang yang sehat sampai tua, Anda harus mendapat cukup kalsium setiap hari sejak dini. Ini tanda tubuh Anda memerlukan suplemen kalsium.


Three Packshot

Beli CDR Orange

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.