Pilihan Olahraga untuk Tulang Sehat

Para pakar sepakat bahwa olahraga merupakan salah satu elemen penting dalam usaha mendapatkan tulang yang sehat dan kuat, disamping nutrisi, sinar matahari, dan menghindari faktor yang meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan tulang seperti jatuh dan merokok. Namun, ternyata tak semua olahraga memiliki manfaat langsung bagi kesehatan tulang.

Bone & Joint Injury Prevention & Rehabilitation Center, University of Michigan yang telah puluhan tahun melakukan penelitian tentang pengaruh olahraga terhadapat kesehatan dan padatan tulang menemukan tiga karakteristik olahraga yang memiliki pengaruh paling besar, yaitu:

  • Olahraga ketahanan yang membuat tubuh menahan beban yang berat atau menahan dalam waktu lama. Latihan seperti yoga, latihan menggunakan resistance band, atau mengangkat barbel dapat memenuhi kriteria ini.
  • Olahraga yang menggunakan kekuatan otot secara berulang-ulang. Latihan mengangkat beban secara berulang-ulang dan latihan plyometric dapat memenuhi kriteria ini.
  • Olahraga yang membuat otot dan tulang mengalami tekanan berulang-ulang dan dalam waktu cukup lama. Lompat tali dan lari adalah olahraga yang memenuhi kriteria ini.

Ketiga kriteria tersebut memiliki peran sama besarnya untuk meningkatkan kepadatan tulang. Para ahli mengatakan, untuk mendapatkan manfaat olahraga terhadap tulang setidaknya Anda perlu melakukan latihan beban tiga kali seminggu dengan waktu latihan masing-masing antara 12 - 20 menit.

Bagaimana dengan renang dan sepeda yang membuat tulang tidak harus menahan beban dan melawan gravitasi? Menurut National Institute of Health, Amerika Serikat, meski tidak memberi efek maksimal dan langsung, kedua olahraga tersebut tidak membebani tulang tapi renang dan sepeda dapat menguatkan otot yang pada akhirnya membuat tulang sehat juga.

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. http://theboneclinic.com.au/wp-content/uploads/2015/03/Sports-Physio_Pg_020_022_printed-copy.pdf
  2. http://www.osmifw.com/sports-medicine/bone-density-and-weight-bearing-exercise/
Swoosh Bottom | CDR

Pilih dan Dapatkan

CDR yang Tepat Untukmu

Penuhi kebutuhan kalsium untuk tulang sehat.

CDR Orange

CDR Orange

Suplementasi Tulang Sehat dengan Rasa Jeruk Segar

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa jeruk yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fruit Punch

CDR Fruit Punch

Suplementasi Tulang Sehat

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa fruit punch yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fortos Orange

CDR Fortos Orange

Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

Suplementasi Kalsium dan Vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Tips dan Informasi

Kesehatan Tulang

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara penuhi kebutuhan tulang sehat!

3 Packshot

9 Makanan Tinggi Kalsium untuk
Tulang - CDR

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.

Apa itu Osteoporosis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Apa itu Osteoporosis? Kenali
Penyebab dan Gejalanya

Apa itu osteoporosis? Pelajari penyebab, gejala, cara mengobati, pencegahan dan siapa saja yang beresiko terkena osteoporosis di sini.

Kapan Tubuh Kita Memerlukan Suplemen Kalsium?

Kapan Tubuh Kita Memerlukan
Suplemen Kalsium?

Untuk mendapatkan tulang yang sehat sampai tua, Anda harus mendapat cukup kalsium setiap hari sejak dini. Ini tanda tubuh Anda memerlukan suplemen kalsium.


Three Packshot

Beli CDR Orange

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.