Superfood untuk Tulang

Superfood untuk tulang dibutuhkan agar dapat mengurangi berbagai risiko kesehatan mulai dari sekarang sampai nanti. Penelitian membuktikan jika kita rajin mengonsumsi berbagai superfood setiap harinya maka akan dapat mengurangi kerusakan tulang. Namun, tentunya tidak sembarang sayur atau buah-buahan. Para ahli telah mengkategorikan beberapa jenis makanan superfood untuk tulang yang bisa Anda coba di rumah. Baca selengkapnya info di bawah ini terkait informasi yang berguna bagi siapa saja yang ingin mengonsumsi makanan bergizi untuk tulang.

Tentang Superfood

Superfood adalah makanan yang memiliki nutrisi yang lebih tinggi dari jenis makanan lain. Ada banyak sekali jenis antioksidan yang ditemukan pada kelompok makanan, baik nabati maupun hewani dalam golongan superfood. Buah beri dan alpukat adalah contoh dari jenis makanan yang tergolong ke dalam superfood, dengan klaim manfaat kesehatan yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti kanker dan serangan jantung (1).

Orang yang rutin mengonsumsi superfood, terutama wanita, cenderung mengalami penurunan yang signifikan dalam kerusakan tulang. Ini adalah penanda yang sangat positif, karena kerusakan tulang yang berlebihan menyebabkan osteopenia lebih lanjut dan bahkan osteoporosis (2).

Pilihan Superfood untuk Tulang

Meski banyak sumber makanan nabati dan hewani yang bergizi, namun ada beberapa yang termasuk ke dalam kategori superfood yang baik untuk memperkuat tulang. Anda bisa menggabungkan berbagai bahan makanan di bawah ini ke dalam menu makanan sehari-hari, yaitu:

1. Chia Seed
Layaknya kacang-kacangan pada umumnya, biji-bijian mengandung kalsium, magnesium, fosfor, serat, serta asam lemak yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan dalam tubuh, menjaga otak dan sistem saraf Anda bekerja dengan lancar, serta membantu menjaga kesehatan tulang. Biji-bijian seperti chia seed, flaxseed dan pumpkin seed dapat dimasukkan ke dalam menu diet setiap hari, sebagai topping makanan ataupun dimasukkan ke dalam kue (3).

2. Kale
Sayuran hijau memiliki beberapa nutrisi seperti vitamin K dan kalsium yang tentunya berperan besar dalam mendukung kesehatan tulang. Ada banyak sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi seperti bayam, lobak hijau, kangkung, kubis, dan brokoli. Namun jika ingin memilih superfood untuk tulang, pertimbangkan sayuran kale sebagai menu sayuran Anda. Secangkir sayur kale memiliki banyak sumber vitamin K, vitamin A, kalsium dan magnesium yang memperkuat tulang (4).

3. Kacang Almond
Almond sangat baik tidak hanya untuk kesehatan jantung namun juga untuk tulang. Kacang almond mengandung lemak, serat, dan protein yang tinggi nutrisi. Almond merupakan superfood untuk tulang karena mengandung kalsium dan vitamin K. Anda bisa membuat kudapan yang lezat dari almond atau menambahkannya pada sereal dan kue sebagai topping (4).

4. Kefir
Kefir adalah jenis makanan fermentasi yang termasuk ke dalam superfood untuk tulang. Penelitian menunjukkan bahwa kefir dapat menghambat penyakit osteoporosis, terutama pada wanita senior yang telah memasuki masa pascamenopause. Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan massa tulang yang rendah dan kerusakan struktur jaringan tulang, yang menyebabkan peningkatan risiko patah tulang. Anda dengan mudah menemukan Kefir, baik di supermarket hingga marketplace (5).

5. Madu
Selain rasanya yang enak, madu juga berkhasiat untuk tulang. Mengonsumsi madu dapat melindungi tulang karena kandungannya yang tinggi akan antioksidan dan zat anti-inflamasinya. Penelitian juga membuktikan bahwa jika dikonsumsi secara rutin, madu dapat mendukung tingkat kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Dengan kata lain, madu merupakan sumber makanan yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia termasuk tulang (6).

Jadi, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba berbagai superfood untuk tulang di atas? Jangan lupa, selain mengonsumsi makanan yang bergizi, dukung juga kesehatan tulang dengan multivitamin yang bisa menjaga memenuhi nutrisi harian dalam menjaga kesehatan tubuh. Pastikan vitamin tersebut juga sudah mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin B6 dan kalsium untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

CH-20220119

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Anna Brooks. 15 Superfoods and the Scientific Reasons to Eat Them. Everyday Health. Diakses pada 12 Januari 2022 dari https://www.everydayhealth.com/photogallery/superfoods.aspx 

  2. Susan E Brown. 7 Superfoods that Help Decrease Bone Breakdown. Diakses pada 12 Januari 2022 dari  https://www.betterbones.com/bone-nutrition/7-superfoods-that-help-decrease-bone-breakdown/ 

  3. Lauren Bedosky. The 7 Best Bone-Building Foods. Everyday Health. Diakses pada 13 Januari 2022 dari https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/7-best-bone-building-foods/ 

  4. Christine Mikstas. Slideshow: Super Food for Your Bone. Web MD. Diakses pada 13 Januari 2022 dari https://www.webmd.com/osteoporosis/ss/slideshow-superfoods-for-your-bones

  5. H. L Chen, dkk. Kefir Improves Bone Mass and Microarchitecture in an Ovariectomized Rat Model of Postmenopausal Osteporosis. National Library of Medicine. Diakses pada 13 Januari 2022 dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25278298/ 

  6. Mohd Amir Kamaruzzaman. A Review of Potential Beneficial Effects of Honey on Bone Health. Research Gate. Diakses pada 13 Januari 2022 dari https://www.researchgate.net/publication/335943572_A_Review_of_Potential_Beneficial_Effects_of_Honey_on_Bone_Health 

Pilih dan Dapatkan

CDR yang Tepat Untukmu

Penuhi kebutuhan kalsium untuk tulang sehat.

CDR Orange

CDR Orange

Suplementasi Tulang Sehat dengan Rasa Jeruk Segar

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa jeruk yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fruit Punch

CDR Fruit Punch

Suplementasi Tulang Sehat

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa fruit punch yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fortos Orange

CDR Fortos Orange

Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

Suplementasi Kalsium dan Vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Tips dan Informasi

Kesehatan Tulang

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara penuhi kebutuhan tulang sehat!

3 Packshot

9 Makanan Tinggi Kalsium untuk
Tulang - CDR

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.

Apa itu Osteoporosis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Apa itu Osteoporosis? Kenali
Penyebab dan Gejalanya

Apa itu osteoporosis? Pelajari penyebab, gejala, cara mengobati, pencegahan dan siapa saja yang beresiko terkena osteoporosis di sini.

Kapan Tubuh Kita Memerlukan Suplemen Kalsium?

Kapan Tubuh Kita Memerlukan
Suplemen Kalsium?

Untuk mendapatkan tulang yang sehat sampai tua, Anda harus mendapat cukup kalsium setiap hari sejak dini. Ini tanda tubuh Anda memerlukan suplemen kalsium.


Three Packshot

Beli CDR Orange

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.