Lari untuk Tulang Lebih Sehat

Anda sedang menggemari olahraga lari yang kini sedang trend? Selain bisa bikin Anda lebih eksis, olahraga lari juga bermanfaat dalam menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Sebab, lari termasuk salah satu jenis olahraga yang sifatnya memberi tekanan pada tulang dan otot secara terus menerus dalam waktu cukup lama.

Saat kaki menyentuh tanah dan mendorong tubuh melaju ke depan, otomatis akan memberi tekanan pada tulang. Tekanan yang muncul saat berlari lebih besar daripada saat Anda melangkah. Ketika tekanan itu terjadi, pasukan osteoblas segera dikirim untuk melindungi tulang. Proses ini kemudian memicu proses remodeling tulang, membuat tulang lebih padat dan kuat dalam menghadapi tekanan lain di kemudian hari.

Frekuensi adalah kuncinya

Agar tulang mendapatkan manfaat positif dari kegiatan lari, Centers for Disease Control and Prevention menyarankan orang dewasa untuk melakukan olahraga dengan instensitas sedang seperti joging selama 150 menit setiap minggu.

Tidak kekurangan juga tidak berlebihan adalah kunci untuk mendapatkan manfaat olahraga ini bagi tulang. Menurut The U.S. Sports Academy lari yang berlebihan (rute lebih dari 30 kilometer per minggu) bisa memicu produksi kortisol secara berlebihan. Gawatnya, hormon ini dapat mengurangi kepadatan tulang.

Tingkatkan Intensitas

Untuk meningkatkan tekanan pada tulang, akan lebih baik lagi jika Anda berjalan menaiki tangga atau mendaki, atau bahkan berlari. Penelitian yang dilakukan ahli di University of Exeter, Inggris, dan telah dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology (2017) menemukan, setiap menit dari latihan berintensitas tinggi, seperti lari, dapat memberi kontribusi positif bagi kepadatan tulang.

Namun, perlu diingat juga bahwa lari saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tulang. Sebagaimana disampaikan oleh United States Sports Academy, lari memiliki manfaat bagi kesehatan tulang, terutama bagian bawah tubuh seperti kaki. Sementara, untuk menguatkan tulang pada tubuh bagian atas dan pergelangan tangan, misalnya, Anda disarankan untuk juga melakukan latihan angkat beban menggunakan alat atau dengan menahan berat tubuh sendiri.

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. http://www.livestrong.com/article/133645-how-does-exercise-increase-bone-density/
  2. http://www.exeter.ac.uk/news/featurednews/title_595360_en.html
  3. https://saveourbones.com/walking-vs-running-which-is-better-for-your-bones/
  4. https://americanbonehealth.org/exercise/is-walking-good-for-bone-health/
Swoosh Bottom | CDR

Pilih dan Dapatkan

CDR yang Tepat Untukmu

Penuhi kebutuhan kalsium untuk tulang sehat.

CDR Orange

CDR Orange

Suplementasi Tulang Sehat dengan Rasa Jeruk Segar

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa jeruk yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fruit Punch

CDR Fruit Punch

Suplementasi Tulang Sehat

Suplementasi Kalsium, Vitamin C, D, B6 rasa fruit punch yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

CDR Fortos Orange

CDR Fortos Orange

Suplementasi Tulang dengan Formula Kalsium dan Vitamin D

Suplementasi Kalsium dan Vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Tips dan Informasi

Kesehatan Tulang

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara penuhi kebutuhan tulang sehat!

3 Packshot

9 Makanan Tinggi Kalsium untuk
Tulang - CDR

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.

Apa itu Osteoporosis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Apa itu Osteoporosis? Kenali
Penyebab dan Gejalanya

Apa itu osteoporosis? Pelajari penyebab, gejala, cara mengobati, pencegahan dan siapa saja yang beresiko terkena osteoporosis di sini.

Kapan Tubuh Kita Memerlukan Suplemen Kalsium?

Kapan Tubuh Kita Memerlukan
Suplemen Kalsium?

Untuk mendapatkan tulang yang sehat sampai tua, Anda harus mendapat cukup kalsium setiap hari sejak dini. Ini tanda tubuh Anda memerlukan suplemen kalsium.


Three Packshot

Beli CDR Orange

Untuk menghemat waktumu, dapatkan tulang sehat dan kuat dari CDR secara online.